Saturday 28 January 2017

Oleh-oleh Tauco Cianjur

 Tauco Ciajuran



Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan sajian kuliner Tauco Cianjur, dari namanya saja kita pasti sudah bisa mengetahui jika kuliner yang satu ini berasal dari Cianjur. Hampir di setiap daerah di nusantara pasti memiliki Tauco versinya sendiri dengan kombinasi berbagai bahan dan cara penyajian yang tentunya berbeda-beda. Seperti kebanyakan makanan khas lainnya, Tauco Cianjur juga hanya bisa di temukan di daerah Cianjur atau di jawa barat. Meskipun hanya bisa di temukan di daerah jawa barat dan sudah menjadi kuliner khas di sana, namun Tauco Cianjur sendiri memiliki banyak sekali penggemar dan kebanyakan merupakan wisatan dari luar  jawa barat. Oleh karena itu maka tak heran jika sajian kuliner yang satu ini masih tetap bertahan dan banyak di sajikan hingga sekarang.  makanan ini terbuat dari kacang kedele, dan makanan ini suka dijadikan kuliner untuk orang-orang yang sedang berkunjung ke daerah cianjur atau mereka suka menjadikannya buat oleh-oleh ketika pulang ke tempat masing-masing. Dicianjur itu selain manisan dan yang lainnya ternyata masih ada makanan khas cianjur lagi yang enak serta lezat tauco namanya. Ketika kita berlibur atau berwisata ke Cianjur pasti orang-orang rumah meminta dibelikan oleh-olehnya tauco cianjur, untuk pembelian juga gak terlalu susah banyak sekali di jual di daerah kota cianjur. Cara pembuatan tauco itu sendiri seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Bahan

  • 50 gram tempe
  • 250 gram Gula aren
  • 2 liter Air
  • 400 gram Garam
  • 50 gram Tepung beras
  • 50 gram Tepung ketan
  • tauco/ragi yang sudah dilarutkan
  • 1 kg Kedelai kuning

Cara Membuat Tauco Cianjur dari Cianjur :
  1. Bersihkan kacang kedelai terlebih dahulu dengan cara di cuci menggunakan air bersih.
  2. Setelah itu rendam kedelai menggunakan air hangat selama kurang lebih 5 menit. Kemudian ganti rendaman airnya dengan air dingin dan diamkan selama 12 jam.
  3. Kemudian kupas kedelai dan pisa.
  4. Lalu rebus kedelai selama 2 jam hingga mendidih, kemudian angkat dan tiriskan kedelai selama 1 jam (sampai dingin). Lalu sisihkan.
  5. Kemudian campurkan tepung beras dan tepung ketan, dan sangrai hingga berwarna kuning
  6. Setelah itu tambahkan larutan tauci/ragi, dan aduk rata.
  7. Setelah itu letakkan kedelai diatas tampah dan ratakan, lalu taburi dengan campuran tepung hingga merata.  Dan peram/fermentasi selama 3 hari.
  8. Lalu setelah itu, jemur kedelai hingga kering kemudian haluskan gumpalan-gumpalannya.
  9. Larutkan garam dengan air. Lalu masukkan campuran kedelai dalam wadah, dan tuang larutan garam. Lalu tutup agak rapat dan peram kembali selama 4 minggu.
  10. Lalu tambahkan gula pada kedelai yang sudah diperam, kemudian masak hingga mendidih dan tidak terbentu buih-buih lagi.
  11. Dan Tauco Cianjur siap untuk di nikmati.
 dan itulah proses cara pembuatan tauco saya jelaskan sedikit. yang lagi berwisata kecianjur jangan lupa juga beli oleh-oleh ini untuk orang yang ada di rumah nya. 
 

No comments:

Post a Comment

Author