Saturday 28 January 2017

Kerajinan Batik Cianjur



Batik adalah salah satu bagian dari kerajinan di kota cianjur, kerajinan ini sudah sangat lama berkembang dikota cianjur. kerajinan ini di buat mengguanan tangan, kerajinan batik harus sangat di mumulekan oleh orang cianjur jangan sampai kerajinan batik ini redup atau hilang. Untuk orang pebuat kerajinan ini tidak sembarangan orang bisa membuat kerajinan ini, hanya orang-orang yang memiliki kreatif dan terampil lah yang mampu membuat kerajinan seperti ini.

Kerajinan batik ini bermacam-macam sekali motif nya, disini ada beberapa motif batik khas cianjur yaitu :

Motif ayam pelung





 Motif Padi 


 Motif kecapi suling atau mamaos


Motif pencak silat atau maenpo


Parapengrajin batik ini di bagi menjadi dua kelompok pengrajin batik cianjuran, kelompok pengrajin batik yang kesatu yaitu kelompok pengrajin batik koperasi beasan yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi No 15 cianjur  dengan banyak anggota sebanyak 30 orang.

Dan untuk kelompok satu lagi yaitu kelompok pengrajin batik komunitas karyanusa yang beralamatkan di Desa babakan sari Kecamatan Sukaluyu yang anggotanya berjumlah sebanyak 150 orang. Kedua kelompok pembantik tersebut  sekurang-kurangnya sudah dapat menghasilkan 100 lembar kain batik sampai saat ini, Untuk produksi pembuatannya bisa dibilang lamban sebab hal ini dipengaruhi oleh kurang nya sumber daya manusia (SDM) dan alat-alat untuk pembuatan batiknya seperti (cap dan kompor) yang masih kurang, karena untuk biaya pembeliannya sangat mahal.

Saya mengharapkan untuk kedepannya pihak pemerintahan bisa memperhatikan kelompok batik yang dua ini agar bisa maju dan berkembang dan saya juga berharap agar bisa diperhatikan suntikan dana untuk para pengrajin batik yang sudah dianggap bagus itu. Untuk produksi batik ini tidaklah begitu sulit bagi parapengrajinya, karena bahan dan baku seperti pewarna  batik mudah didapat di tanah cianjur ini.  Bahan-bahan pewarna batik ini didapat dari tanaman-tanaman seperti, buah arben, jambu biji, kulit manggis,mengkudu, dan extra kunyit,bahkan sebagian dari badan tumbuhanpun dapat digunakan untuk warna batik seperti kulit kayu, batang kayu, akar kayu,dan getah kayu.
Sebenarnya untuk produksi pengelolaan batik tersebut dicianjur sudah memiliki sumber dan tempat khusus yaitu berada di kampung sarongge kecamatan cugenang. Sehingga cianjur memiliki semua bahan  yang cukup untuk proses pembuatan batik. Semoga kedepannya batik cianjur bisa meningkat produksnya dan bisa lebih baik lagi maju dan berkembang, dan semoga pihak pemerintahan bisa lebih memperhatikan lagi pembuatan batik di cianjur.

No comments:

Post a Comment

Author