Monday 30 January 2017

Aneka Cemilan Khas Cianjur

Makanan cemilan ini mungkin sangat di gemari sekali oleh para remaja, apalagi makanan cemilan yang berasa asin dan pedas. Di cianjur ini sangat beraneka ragam ada di mulai dari makanan, kerajinandan sejenis benda lainnya.  Selain itu juga di cianjur mempunyai cemilan khas ala-ala cianjur, seperti apa sih cemilan khas cianjur itu ? Banyak sekali macammnya cemilan khas cianjur ini diantaranya sebagai berikut ini :

1. Kripik singkok


Makanan yang satu ini adalah makanan yang terbuat dari singkok dan untuk cara pembuatan nya sangat gampang sekali, singkong di kupas terlebih dahulu kulit nya lalu di iris dengan tipis singkong tersebut kemudian di rendam dan ketika memasaknya kita membuat dulu air bumbu agar rasa singkong tersebut ada rasanya setelah kita kita goreng, untuk pembuatan kripik singkok ini ada dua macam cara ada kripik singkong biasa dan ada kripik singkong yang pedas jika kita ungin kripik singkong yang pedas di cara pembuatannya tinggal ditambah rasa pedas saja, gampang kan. Cemilan ini sangat banyak di sukai orang-orang, karena cemilan ini bisa di makan di mana saja di saat kita satai atau pun di saat kita sedang berkumpul dengan keluarga.

2. Moci


Selain kripik singkong di cianjur juga kalian jangan sampai terlewatkan dengan makanan yang satu ini yaitu moci, makanan ini cemilan khas cianjur juga loh, maknan ini kalau dimakan rasanya itu kenyal dan manis pokoknya lezaaattt sekali, nah kalau jalan-jalan ke cianjur jangan lupa juga beli maknan yang satu ini. Untuk rasa moci ada bermacam-macam rasa dimulai dari rasa kacang, coklat, strawberrydan rasa lainnya juga ada harganya pun sangat murah sekalii teman-teman bisa membelinya banyak untuk oleh-oleh yang di rumah.

Untuk cara pembuatannya seperti ini :

Bahan-bahan:
70 gram tepung kanji
60 gram gula halus
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml air
260 gram tepung ketan
60 gram tepung hunkue
300 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt pewarna merah muda
1/2 sdt pewarna hijau muda
Taburan:
60 gram tepung kanji, sangrai di atas api kecil selama 20 menit

Dan Tahap kedua :

Cara membuat:
1. Larutkan tepung kanji dengan 100 ml air, aduk rata. Rebus hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
2. Di tempat terpisah, campur tepung ketan, tepung hunkue, gula garam, dan vanili. Aduk rata. Tambahkan rebusan kanji dan santan, uleni hingga terbentuk adonan yang licin dan kalis.
3. Bagi adonan menjadi dua bagian, tambahkan pewarna hijau dan merah pada masing-masing bagian, aduk rata.
4. Bentuk adonan bulat panjang denagn diameter 2cm. Kukus selama 15-20 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.
5. Ambil adonan yang telah dikukus, potong-potong sepanjang 2cm. Taburi tepung kanji sangrai, sajikan segera.
6. Untuk variasi, adonan kue moci juga bisa diisi dengan selai kacang tanah/pindakas atau kumbu kacang hijau. 

Itu adalah sediikit resep untuk cara pembuatan moci, semoga bermanfaat ya

No comments:

Post a Comment

Author