Monday 30 January 2017

Lampu Gentur Dan Ayam pelung

Selain cianjur kota sugih mukti tur islami, dan cianjur akan kaya dengan tempat wisatanya cianjur juga mempunyai beberapa kerajinan yang tak kalah unik dengan kerajinan yang lainnya. Disini saya akan membahas tentang kerajinan yang ada dicianjur yaitu lentera gentur dan ayam pelung 

1. Leampu Gentur

 
Lentera Gentur merupakan sebuah produk kerajinan tangan berupa Lentera yang terbuat dari bahan Kuningan dengan kaca warna- warni dalam berbagai desain/bentuk yang unik, yang dihasilkan dari sebuah kampung bernama kampung Gentur Desa Jambudipa, di kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Lentera Gentur ini sangat terkenal dan memiliki keunikan tersendiri, yang dibuat oleh masyarakat pesantren yang ada di kampung Gentur Desa Jambudipa Kecamatan warungkondang atau kurang lebih 7 Km dengan jarak tempuh 20 menit dari kota Cianjur.

2. Ayam Pelung



Ayam Pelung merupakan jenis ayam buras ( Bukan Ras ) atau yang lebiih dikenal dengan sebutan ayam kampung, dan merupakan ayam asli Indonesia yang awalnya merupakan ciri khas Kota Cianjur. Menurut penuturan para penggemar Ayam Pelung meyakini bahwa keberadaan Ayam Pelung di Cianjur dimulai dari sebuah desa di Kaki Gunung Gede yaitu Desa Bunikasih yang terletak di Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur.
Masyarakat Cianjur sejak sekitar tahun 1850 telah mengenal dan memelihara Ayam Pelung, yang semula sekedar untuk menikmati suaranya tetapi kemudian berkembang untuk tujuan komersil. Secara turun temurun telah memelihara dan mengembangkan pelung dengan kuantitas, kulitas, kondisi fisik dan mutu suara yang terus ditingkatkan, sehingga menghasilkan jenis ayam yang memiliki ciri khas tersendiri dengan keunggulan yang spesifik dibanding ayam jenis/ras lainnya, antara lain yaitu : SUARA YANG PANJANG DAN MERDU, BENTUK TUBUH YANG TINGGI BESAR DAN BERPENAMPILAN INDAH DAN GAGAH. Serta senang berkokok pada sebelum Adzan Shubuh, sehingga seperti upaya membangunkan untuk sholat shubuh.
Ayam Pelung ini semakin terkenal, Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara dan Ayam Pelung ini banyak dikembangkan di Kecamatan warungkondang, sebelah selatan Kota Cianjur dapat ditempuh sekitar 20 menit.

Itulah beberapa ciri khas yang kota cianjur punya, untuk mencari tau khas-khas cianjur lainnya bisa teman-teman baca di artikel yang lainya tapi masih tetap di alamat cianjurberkembang.blogspot.co.id. terima kasih :-)

No comments:

Post a Comment

Author