Saturday 28 January 2017

Manisan khas Cianjur

Bagi teman-teman yang suka berkunjung ke kota cianjur kalian juga harus tau bahwa di cianjur banyak sekali makanan-makanan khas cianjur, diantaranya yaitu manisan cianjur .
Makanan ini adalah satu satu khas jenis makanan cianjur, jenis makanan ini sangatlah enak dan segar kalau dimakan. Pokoknya buat kalian yang belum nyoba pasti penasaran kan, selain kalian berwisata kalian juga sewaktu pulang bisa membawa oleh-oleh makanan ciri khaas orang cianjur.



 
makanan ini terbuat dari buah-buahan mentah atau sayuran yang diawetkan dengan bahan pemanis gula pasir yang diberi pewarna untuk menguatkan selera makan, makanan ini juga tak pernah terlewatkan di beli oleh orang-orang yang berada di luar cianjur.
Dalam era digital saat ini, anda tidak harus jauh-jauh datang ke kota Cianjur untuk memperoleh manisan ini, dalam hitungan hari manisan yang anda inginkan sudah sampai di depan pintu rumah anda.

Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis.
 
Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pemutih, pengenyal, pengering, atau gula buatan. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan.
 
Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikrobaperusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan.
Jenis makanan ini mempunyai beberapa variasi diataranya  ada manisan kering dan ada manisan basah, saya ambil contoh kecil manisan basah dari buah  kedongdong .

Manisan basah kedondong



Manisan kering tomat
 

 itulah makanan ciri khas orang cianjur, jangan lupa ya teman-teman untuk main ke kota cianjur dan jangan lupa juga membeli oleh-olehnya, makanan seperti ini banyak sekali dijualan di pinggir jalan kota cianjur.

No comments:

Post a Comment

Author