Saturday 28 January 2017

Kerajinan Di Kota Cianjur

Kerajinan Di Kota Cianjur

Kota Cianjur, mungkin bagi orang-orang cianjur sudah tidak asing lagi dengan nama kota cianjur, kota cianjur itu sering dibilang kota santri,tetapi bagi orang yang tinggal di luar kota cianjur mereka tidak tau seperti apa kota cianjur itu. Kota cianjur selain pemandangan wisatanya yang indah kota cianjur juga mempunyai berbagai macam kerajinan yang asli dibuat dikota cianjur dan kerajinanya juga begitu unik dan bagus, nah pasti kalian penasaran ya apa saja sih kerajinan yang dibuat dikota cianjur itu ? saya akan bahas satu persatu kerajinan yang ada dicianjur.

1. Sanggar Bambu

sanggar bambu


     Sanggar bambu ini adalah salah satu kerajinan yang ada dicianjur yang terbuat dari bambu yang biasanya oleh para pengrajin di sulap atau di anyam menjadi beraneka tudung saji, lampu duduk, dan nampan yang begitu unik dan bagus. Kerajinan sanggar bambu ini telah mendapatkan penghargaan upakarti pada tahun 1992.  Ternya kota cianjur itu tidak hanya kaya dengan tempat wisatanya saja tetapi kerajinannya pun cianjur sangat banyak, jika kalian bermain atau berwisata ke kota cianjur kalian bisa menjadikan sanggar bambu ini sebagai oleh-oleh ciri khas cianjur.

 Untuk pembuatan sanggar bambu ini memerlukan waktu yang tidak cukup lama tetapi jika hasilnya ingin bagus kita harus menganyamnya dengan baik dan teliti, bahannya pun sangat mudah dicari cukup dengan pohon bambu saja tetapi jika hasilnya ingin bagus para pengrajin bisa menambahkan aneka aksesoris yang lainnya. Contoh nya seperti lampu duduk untuk pembuatannya bukannya hanya bambu saja tetapi memerlukan bahan lainnya. Di daerah saya ini pembuatan sanggar bambu sangat banyak sekali kerajinan yang di buat dari bambu tidak hanya tudung saji, lampu duduk dan nampan saja tetpi melainkan alat-alat rumah tangga lainnya bisa dibuat dari bambu.

Untuk harga kerajinan dari bambu ini tidak lah mahal harganya sangat terjangkau dan kalian semua yang berkunjung ke kota cianjur bisa membeli berbagai macam kerajinan dari bambu. Bagi orang cianjur mari kita budayakan kembali kerajinan yang ada dicianjur jangan sampai hilang dan di akui oleh kota lain.

Nah untuk teman-teman yang berada di luar cianjur pasti kalian penasaran kan dengan indahnya kota cianjur dan dengan beberapa kerajinan yang cianjur ciptakan. ayo segera berkunjung ke kota cianjur.

No comments:

Post a Comment

Author